Jumat, 06 Juni 2014

VMware Workstation dan Cara Menginstalnya pada Windows 7



VMware Workstation dan Cara Menginstalnya pada Windows 7


images
Logo VMware Workstation
VMware Workstation adalah hypervisor yang berjalan pada komputer x64, memungkinkan pengguna untuk mengatur Virtual Machine (VM) dan menggunakannya secara bersamaan bersama dengan mesin yang sebenarnya. Setiap virtual machine dapat menjalankan sistem operasi sendiri, seperti Microsoft Windows, Linux atau varian BSD. Dengan demikian, VMware Workstation memungkinkan satu mesin fisik untuk menjalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan. Ibaratnya seperti komputer didalam komputer. Workstation dikembangkan dan dijual oleh VMware, Inc, sebuah divisi dari EMC Corporation.
VMware Workstation mendukung bridging adapter jaringan host yang ada dan berbagi drive disk fisik dan perangkat USB dengan virtual machine. Selain itu, dapat mensimulasikan disk drive. Software ini dapat memasang file ISO image yang ada ke dalam drive disk virtual optik sehingga mesin virtual melihatnya sebagai yang asli. Demikian juga, virtual hard disk drive yang dibuat via file vmdk..
VMware Workstation mencakup kemampuan untuk menunjuk beberapa virtual machine sebagai grup yang kemudian dapat dihidupkan, dimatikan, ditangguhkan atau melanjutkan sebagai objek tunggal, sehingga sangat berguna untuk pengujian lingkungan client-server.
Cara Instalasi VMware Workstation versi 7.1.0 pada Windows 7
1. Double Klik pada icon VMware Workstation yang akan diinstal. Pada postingan kali ini menggunakan VMware Workstation versi 7.1  yang akan diinstal pada Windows 7. Kemudian akan muncul jendela VMware seperti gambar berikut.
vmware1
2. Selanjutnya muncul installation wizard yang akan menginstall VWware Workstation. Untuk melanjutkan, klik Next.
vmware2
3. Pilih tipe setup sesuai yang disediakan pada jendela selanjutnya. Ada dua tipe setup, Typical dan Custom. Typical apabila menginginkan fitur yang lengkap dan diinstal secara otomatis, Custom apabila menginginkan beberapa fitur saja secara manual. Klik salah satu, kemudian klik Next untuk melanjutkan.
vmware3
4. Kemudian akan muncul kotak Destination Folder. Simpan VMware pada direktori folder sesuai yang Anda inginkan. Klik Change apabila ingin mengubah lokasi penyimpanan. Untuk melanjutkan, klik Next.
vmware4
5. Akan muncul kotak dialog Software Update, pilih Next.
vmware5
6. Selanjutnya akan muncul kotak dialog User Experince Improvement Program. Klik Next.
vmware6
7. Selanjutnya muncul tampil pilihan dimana shortcut VMware akan muncul setelah terinstal. Klik Next.
vmwar7
8. Kemudian akan muncul kotak dialog untuk memulai proses instalasi, klik Continue.
vmwar8
9. Selanjutnya akan terlihat proses instalasi VMware Workstation. Tunggu beberapa saat.
vmwar9
10. Hingga muncul kotak dialog Setup Wizard Complete, berarti proses instalasi VMware telah selesai. Pilih Restart Now apabila ingin merestart langsung, dan pilih Restart Later apabila ingin merestart nanti sesuai keinginan Anda.
vmwar12
11. Setelah PC terestart, VMware Workstation sudah bisa digunakan.
Mudah bukan? Selamat mencoba.

Download VMware10 Disini

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host